sandal pria terbaru

Tips Membantu Anak Mengatasi Rasa takut dan Jadi Pemberani – Ladies, setiap  anak memang punya  pembawaan sifat sendiri-sendiri  yang unik. Ada yang pemalu,  mudah akrab,  ceria,  cerewet dan suka bertanya. Namun lain ceritanya  bila anak  yang punya sifat penakut.  Bila  anak mempunyai sifat seperti ini bisa membuat  kita para orang tua  jadi khawatir karena  anak  jadi punya motivasi rendah untuk mengeskplorasi beberapa hal,  rendahnya motivasi  untuk belajar dan berprestasi,  dan yang mengkhawatirkan  adalah anak jadi tidak berani mengambil keputusan atau inisiatif.

Tips Membantu Anak Mengatasi Rasa takut dan Jadi Pemberani

Tanpa kita sadari  interaksi dengan anak  juga bisa menyebabkan ana punya rasa takut seperti menakut-nakuti anak  agar menurut,  atau fobia tersendiri  terhadap sesuatu hal seperti hujan, api, atau binatang seperti kucing atau ayam. Apa yang sebaiknya kita lakukan  bila  anak mulai menunjukkan gejala atau tanda-tanda penakut?

Perhatikan Perilaku Anak

Saat anak merasa takut biasanya bisa diamati dengan tanda-tanda perilaku  sepeti ekspresi wajah,  gesture  meremas-remas wajah, tiba-tiba memeluk kita erat-erat, menjerit atau berteriak.  Bila ini terjadi, coabalah untuk menenangkan anak dan tanyakan pada anak apa yang membua mereka ketakutan. Misalnya sat bertemu kucing, apakah ia takut dengan bulunya, ekornya, suaranya atau hal lainnya yang membuat mereka ketakutan.

Koreksi  Persepsi Anak

Setelah kita mengetahui  apa yang jadi peyebab  ketakutannya,  cobalah untuk memberi  penjelasan/eluruskan pemikiran anak yang salah. Misalnya saja saat ia melihat semut, terangkan padanya  ia tidak perlu takut terhdap semut dan ceritakanlah sesuatu hha yang menarik tentang semut.

Berlatih Mengendalikan Rasa Takut

Latih anak untuk mengendalikan suasana atau perasaannya bila mengalami ketakutan saat anda tiak bersamanya. Misalnya saja  melatih mereka untuk melatih pernafasan agar lebih rileks dan tenang. Berikan sugesti  dalam beberapa kalimat yang bisa mereka ingat untuk menenangkan dirinya.  Anda bisa membantu  anak untuk berlatih mengatasi ketakutan dan secara perlahan kurangi  keterlibatan anda saat anak mencoba mengatasi ketakutanya sendiri.

Berhenti Menakuti/Mengancam

Bagaimana kita memperlakukan anak  juga membantu meningkatkan keberanian pada diri mereka.  Berhentilah mengancam dan menakut-nakuti mereka. Bila anak susah makan, maka hentikanlah mengancam mereka dengan sesuatu. Misalnya awas lho, nanti mama  kasih kamu sama kucing, atau awas kalau tidak mau belajar, nanti mama kurung kamu di gudang.

Apresiasi Positif

Berikan apresiasi  positif  sebagai penghargaan anda bila mereka berhasil mengatasi sendiri ketakutannya. Bahkan bila mereka baru berhasil melakukanya sedikit saja. Jangan mengolok-olok mereka atau menujukkan sikap tidak sabar  bila  masih belum bisa mengatasi ketakutannya.

Beri Solusi

Dalam beberapa  situasi, kita cenderung memberi perlindungan atau rasa aman pada anak saat mereka bereaksi terhadap sesuatu dengan memberi  pelukan. Well, itu tidak salah, namun akan lebih baik bila anda juga disertai dengan hal lainnya untuk membantu mereka jadi lebih berani dan percaya diri.

diadaptasi dari artikel tabloidnova.com

gambar: zivling.com

Sandal Pria Keren
http://drufgaya.com/wp-content/uploads/2015/05/Tips-Membantu-Anak-Mengatasi-Rasa-takut-dan-Jadi-Pemberani.jpghttp://drufgaya.com/wp-content/uploads/2015/05/Tips-Membantu-Anak-Mengatasi-Rasa-takut-dan-Jadi-Pemberani-150x150.jpgDruf GayaKeluargaagar anak tidak jadi penakut,cara memotivasi aanak agar tidak jadi penakut,tips mengatasi anak penakutTips Membantu Anak Mengatasi Rasa takut dan Jadi Pemberani - Ladies, setiap  anak memang punya  pembawaan sifat sendiri-sendiri  yang unik. Ada yang pemalu,  mudah akrab,  ceria,  cerewet dan suka bertanya. Namun lain ceritanya  bila anak  yang punya sifat penakut.  Bila  anak mempunyai sifat seperti ini bisa membuat  kita para...Info Fashion Terkini