Cara Mengatasi Keluhan Premenstrual Sydnrome Pada Wanita – Keluhan yang umumnya dirasakan oleh para wanita menjelang siklus bulanan alias Premenstrual Sydnrome umumnya suasana hati yang berubah-rubah atau gejala fisik seperti perut yang terasa kembung, sakit kepala dan gejala lainnya yang merecoki dan mengganggu produktifitas.

Cara Mengatasi Keluhan Premenstrual Sydnrome Pada WanitaBagi para wanita, akan lebih mudah memahami dan memaklumi gejala ini. Tapi buat para pria, mungkin akan dibuat bingung menghadapi perubahan ini. Meski pun wajar, ada baiknya melakukan beberapa hal agar tidak mengganggu suasana dan produktifitas anda, misalnya saja dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

Berolahraga

Meski pun tidak usah terlalu berat, anda disarankan untuk menjalankan olahraga pada masa menjelang atau ketika mengalami menstruasi. Tidak perlu berlama-lama, cukup dengan 30 menit saja setiap hari untuk menjaga kebugaran. Tubuh yang sehat dan fit bisa bepengaruh positif dengan suasana hati, lho.

Diet Kaya Vitamin B

Selama masa PMS, disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B. Selain itu, dari hasil sebuah penelitian menunjukkan kalau wanita yang banyak mengonsumsi makanan yang menandung tiamin seperti yang terkandung dalam kacang Brazil atau mengandung ribloflavin seperti yang terkandung pada telur atau susu mempunyai risiko lebih rendah mengalami gejala PMS.

Mengonsumsi Karbohidrat Kompleks

Selain memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B, tiamin dan riboflavin, perbanyak juga konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplek. Misalnya saja dengan konsumsi roti gandum dan sereal yang mempunyai kandungan serat yang tinggi. Selain mengendalikan gula darah agar tetap normal, karbohidrat kompleks juga bisa membantu untuk memperbaiki mood.

Lakukan Hal-hal Menyenangkan

Jangan biarkan bad mood mengendalikan anda. Suasana hati yang melow, mudah marah, sensitif dan mood jelek lainnya bisa anda minimalisir dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Misalnya saja menonton film yang lucu, atau bercengkrama dengan teman/saudara.

Pola Makan Lainnya

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama mengalami masa PMS ini. Misalnya saja makanan yang asin (garam atau MSG) karena bisa membuat perut lebih mudah mengalami kembung, kopi dan minuman lainnya mengandung kafein karena bisa menyebabkan terjadinya iratabilitas serta makanan yang terlalu manis karena bisa menimbulkan hasrat yang buruk.

Obat Pereda PMS

Dalam keadaan tertentu, gejala PMS bisa sangat menyiksa. Cara paling aman adalah dengan mengunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan yang tepat. Selain obat-obatan, biasanya dokter akan memberikan pengobata dengan hormon seperti terapi GnRH agonis Lupron, nafarelin atau bisa juga steroid sintetis seperti danazol. Jangan sembarang mencoba terapi tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Tidak ada yang salah bila anda mencoba untukmengonsumsi herbal untuk membantu meredakan gejala PMS. Namun tetap saja disarankan untuk mengonsultasikannya dengan dokter untuk mencegah terjadinya kontra indikasi.

referensi: tabloidnova

sumber gambar:

http://drufgaya.com/wp-content/uploads/2015/03/Cara-Mengatasi-Keluhan-Premenstrual-Sydnrome-Pada-Wanita.pnghttp://drufgaya.com/wp-content/uploads/2015/03/Cara-Mengatasi-Keluhan-Premenstrual-Sydnrome-Pada-Wanita-150x150.pngDruf GayaKeluargacara mengatasi PMS,tips mengatasi sindrom pra menstruasi,tips meredakan keluhan pmsCara Mengatasi Keluhan Premenstrual Sydnrome Pada Wanita - Keluhan yang umumnya dirasakan oleh para wanita menjelang siklus bulanan alias Premenstrual Sydnrome umumnya suasana hati yang berubah-rubah atau gejala fisik seperti perut yang terasa kembung, sakit kepala dan gejala lainnya yang merecoki dan mengganggu produktifitas. Bagi para wanita, akan lebih mudah...Info Fashion Terkini