sandal pria terbaru

Cara Jitu Menanamkan Disiplin Pada Anak – Menjadi orang tua membutuhkan proses agar nilai-nlai yang ingin kita tanamkan pada anak bisa diterima dengan baik tanpa membuat anak merasa terkekang atau diatur. Begitu juga soal kedisiplinan. Cara yang tepat dalam menanamkan nilai-nilai displin anak selain membuahkan sikap anak sesuai dengan harapan juga akan membuat anak merasa enjoy menjalani dan rasa hormat pada orang tua. Siapa coba yang tidak senang bila punya anak seperti ini.

Nah, bagaimana caranya agar anak-anak bisa menerima ajaran disiplin yang kita ajarkan? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda contoh.

 Cara Jitu Menanamkan Disiplin Pada AnakCiptakan Rasa Hormat Pada Anak

Sebelum kita menanamkan ajaran yang ingin disampaikan buatlah terlebih dahulu anak-anak menghormati Anda sebagai orang tua. Ya, menghormati bukan merasa takut karena artinya jelas beda. Karenanya tunjukan kepada mereka bahwa kita juga menghormati hak-hak mereka sebagai anak. Percayalah, mereka pun akan melakukan  hal yang sama pada Anda.

 Tumbuhkan Empati

Tunjukan pada mereka jika kita sebagai orang tua sangat menghormati perasaan mereka dan ajari mereka juga untuk mempunyai empati pada teman atau orang-orang di sekelilingnya. Misalnya saja saat mengajari mereka untuk sabar mengantri. Tanyakan pada mereka jika mereka ada di posisi yang antriannya diserobot, tentu mereka akan mengatakan tidak menyukai hal itu. Dengan mengajari cara ini sejak kecil, akan membuat mereka belajar untuk disiplin dan mengikuti aturan main.

 Perkembangan Usia Anak

Ikuti setiap tahap pertumbuhan usia mereka untuk mengenali dan memahami perekembangan emosi mereka berdasarkan pertambahan umur yang dialaminya. Memberi pemahaman kepada anak usia TK tentu akan berbeda dengan anak usia SMP.

 Ngobrol Dari Hati

Adalah sifat alami ketika anak berbuat baik mempunyai misi dibaliknya. Jangan langusng menuduhnya dengan mengatai mereka tidak tulus mengerjakan sesuatu. Sebaliknya, ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk meraih mereka dan mengajak untuk curhat. Anda tentu tidak ingin anak-anak Anda lebih dekat dengan orang lain dan tidak mempercayai Anda sebagai orang tuanya.

 Konsisten

Mengajarkan disiplin bukan saja harus dipatuhi oleh anak-anak. Begitu juga dengan Anda. Berikan contoh yang nyata bahwa Anda pun melakukan hal yang sama dengan hal yang Anda harapkan pada mereka. Misalnya saat menyuruh anak untuk salat, anak tentu tidak akan menggubris bila Anda belum salat. Akan lebih baik bila Anda melakukannya bareng-bareng. Begitu juga misalnya soal kecil seperti menyimpan piring kotor bekas makan. Tentu akan lebih mudah mengajari mereka soal kerapihan dengan memberi contoh langsung membereskan bekas makan alih-alih menyuruh mereka sementara Anda sendiri sibuk dengan gadget atau remote tv.

 Antisipasi dan Cegah

Kenali apa saja hal-hal yang bisa membuat mereka jadi rewel atau bertingkah mencari perhatian Anda. lakukan antisipasi sebelum mereka berulah. Misalnya ketika si kecil suka menangis melihat Anda berangkat kerja pada pagi hari. Carilah cara untuk menyelinap atau buat mereka sibuk dengan mainan mereka bersama kakak-kakak atau pengasuhnya.

Demokratis

Berikan mereka beberapa pilihan, bukan memaksa untuk memilih sesuai keinginan Anda. Namun tentu saja Anda harus punya batasan untuk mengendalikan mereka. Misalnya saja untuk membeli sepatu, berikan kebebasan mereka untuk memilih model yang disukai namun Anda juga tetap memberi batasan maksimal harga dari sepatu yang dipilihnya.

 Konsekuensi

Ada aturan pasti ada konsekuensi. Bila mereka melanggar kesepakatan, terangkan pada mereka akibat dari perbuatan. Misalnya bila mereka menonton tv pada saat jam belajar, maka jatah menonton tv pada jam santainya akan dikurangi.

Katakan Anda Tidak Membenci Mereka

Saat anak menerima hukuman, sampaikan pada mereka bahwa itu adalah konsekuensi dari aturan yang sudah disepakati. Meskipun mereka menerima hukuman, jangan tunjukkan wajah galak Anda kepada mereka. Melakukan kesalahan saja sudah membuat mereka takut, apalagi bila Anda menunjukkan wajah galak.

 Berikan Pujian

Saat mereka melakukan hal yang baik jangan segan untuk memberikan mereka pujian. Secara tidak langsung anak akan merasa dihargai dan belajar untuk menghargai.

Sandal Pria Keren
http://drufgaya.com/wp-content/uploads/2014/09/Cara-Jitu-Menanamkan-Disiplin-Pada-Anak.jpghttp://drufgaya.com/wp-content/uploads/2014/09/Cara-Jitu-Menanamkan-Disiplin-Pada-Anak-150x150.jpgDruf GayaKeluargaCara Jitu Menanamkan Disiplin Pada Anak – Menjadi orang tua membutuhkan proses agar nilai-nlai yang ingin kita tanamkan pada anak bisa diterima dengan baik tanpa membuat anak merasa terkekang atau diatur. Begitu juga soal kedisiplinan. Cara yang tepat dalam menanamkan nilai-nilai displin anak selain membuahkan sikap anak sesuai dengan...Info Fashion Terkini